4 Jenis Ukulele

    Tim KORDS.id 01 February 2022 14:15
    4 Jenis Ukulele

    Siapa yang belum pernah melihat ukulele? Hampir semua dari kita tentu pernah melihat ukulele, walau setidaknya melihat sekilas sedang dimainkan oleh pengamen dipinggir jalan. Alat musik yang satu ini memang menjadi andalan pengamen untuk mengais rezeki.

    Pada sejarahnya, ukulele diambil dari bahasa Hawaii, yang artinya “Kutu Loncat”. Ukulele sendiri sebetulnya bukan alat musik asli dari kepulauan Hawaii, melainkan alat musik yang dibawa oleh imigran dari Portugis pada tahun 1879.

    Dibanding gitar, ukulele dengan body mungilnya sangat cocok untuk dibawa traveling. Selain perbedaan dari segi ukuran, jika dibandingkan dengan gitar, mempelajari ukulele terasa jauh lebih mudah.

    Namun, mungkin hanya sebagian dari kita yang mengetahui kalau ternyata ukulele memiliki berbagai jenis atau ukuran, dari yang terkecil Soprano hingga yang peling besar, yaitu Bariton. Setidaknya ada 4 jenis ukulele yang tersedia di pasaran, berikut daftarnya diurutkan dari yang paling kecil:

    1. Soprano
      jenis yang satu ini mempunyai ukuran yang paling mungil. panjang fingerboard Ukulele Soprano adalah sekitar 33 cm. Ukulele Soprano sangat cocok digunakan oleh pemula yang sedang belajar cara memainkan ukulele.

    2. Concert
      sedikit lebih panjang dari jenis sebelumnya, ukulele concert memiliki panjang fingerboard sekitar 38cm. Karena ukurannya yang tidak jauh berbeda dengan jenis Soprano, maka suara yang dihasilkan pun tidak jauh berbeda dengan ukulele jenis Soprano.

    3. Tenor
      Ukulele Tenor mempunya fingerboard yang cukup panjang, yaitu sekitar 43cm. Dengan ukuran fingerboard yang cukup panjang ini kamu dapat memainkan pitch yang lebih stabil. Dari segi kualitas suara, mulai dari ukuran ini suara yang dihasilkan sudah berbeda dari 2 ukuran sebelumnya, suaranya hampir mendekati suara gitar.

    4. Bariton
      Jenis ukulele dengan ukuran terbesar satu ini memiliki fingerboard sepanjang 48cm. Berbeda dengan 3 jenis sebelumnya yang mempunya tuning G-C-E-A, Bariton memiliki tuning D-G-B-E. Karena tuningnya berbeda sendiri, ukulele Bariton tidak direkomendasikan untuk pemula, karena tutorial yang tersedia diinternet kebanyakan ditujukan untuk ukulele Soprano/Concert/Tenor dengan tuning standar G-C-E-A.

    Itulah beberapa jenis ukulele yang umum beredar dipasaran, sebetulnya masih ada ukuran lainnya, seperti Ubass atau Ukelele Bass. Untuk pemula yang pernah bermain gitar sebelumnya, kami rekomendasikan untuk memilih Concert sebagai Entry point mengingat ukurannya yg tidak terlalu kecil.